RAKYAT.NEWS, SULSEL – Tim pengabdian dosen Unhas melakukan pengabdian di Kabupaten Tana Toraja tentang penerapan sistem jaminan halal, Jumat (28/6/2024).

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pengabdian Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Dr. Ir. Nahariah, S.Pt., M.P.,IPM.,ASEAN.Eng, yang beranggotakan Drh. Baso Yusuf, M.Sc, Dr. Ir. Hikmah M.Ali, S.Pt., M.Si.,IPU., ASEAN Eng dan Lukman Kasim, S.T.,M.T.

Tim pengabdian melakukan kegiatan berupa pendampingan penerapan sistem jaminan halal kepada pelaku usaha UMKM dan pengelola atau pemilik rumah potong hewan/tempat pemotongan unggas serta usaha rumah makan dan hotel yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Selain itu materi lainnya adalah sosialisasi produksi pangan yang ASUH yaitu pangan yang aman, sehat dan halal bagi konsumen dan tatacara penanganan pra panen dan pasca panen hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) atau Tempat pemotongan ayam (TPA) tradisional.

Kegiatan pendampingan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tana Toraja Edward Sakka’ Allorerung SE.

Kegiatan juga dihadiri oleh kepala bidang UKM Priadarma T. Buntugajang, SE,M.Si dan beberapa staf dari Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tana Toraja.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan tim dosen Unhas. Hal ini tentu menjadi bagian yang sangat penting dalam mendorong Kabupaten Tana Toraja sebagai daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal, nasional maupun mancanegara.

“Wisata tidak lepas oleh tersedianya makanan dan minuman yang menjadi kebutuhan wisatawan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Dr. Nahariah selaku ketua tim pengabdian menyampaikan bahwa penerapan system jaminan halal disektor hulu yaitu RPH dan TPA. Perbaikan disektor hulu sangat diperlukan untuk mendukung sektor hilir yaitu rumah makan, hotel dan toko oleh oleh yang menjual produk produk UMKM yang menggunakan bahan baku daging sapi atau ayam.