JENEPONTO – Tak terasa Ramadhan 1445 H, telah memasuki hari ke 10, masih ada kesempatan bagi umat Islam untuk mengisi hari hari di bulan Ramadhan dengan kegiatan ibadah dan hal hal positif lainnya.

Tak terkecuali para pelaku UMKM yang menggunakan momentum Ramadhan untuk mengumpulkan cuan yang banyak dan tentu saja berkah.

Bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM), momen Ramadhan tak boleh dilewatkan karena dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih

Untuk itu Penggagas UMKM naik kelas yang juga owner Rumah Oleh-Oleh Jeneponto Suryani Hajar memberikan lima tips bagi para pelaku UMKM yang berhasil dihimpun oleh Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB), sehingga dagangannya dapat laris manis di tengah Ramadhan kali ini:

1. Cari tau Produk yang saat ini sedang digemari para konsumen, lakukan inovasi dalam rasa maupun kemasan,
Mencari tahu produk yang tengah laris di pasaran menjadi kunci agar UMKM dapat meningkatkan penjualannya di tengah momen Ramadhan.

2. Upgrade tokomu
Baik berjualan daring maupun langsung, mempercantik toko adalah hal yang baik untuk menarik konsumen untuk membeli produk.

3.Beri promo gratis / giveaway kepada konsumen untuk beberapa produk yang baru bagi para pelanggan, sehingga dapat meningkatkan penjualan bahkan dapat mendekatkan konsumen dengan produsen

4.Siapkan opsi parcell ramadhan atau kemasan khusus untuk paket lebaran, ini akan memberikan kesan eksklusif bagi kerabat, handai tolan saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat.

5.Manfaatkan sosial media untuk penawaran, efektifkan grup grup keluarga, alumni dll, biasanya postingan postingan di grup baru akan mendapatkan respon setelah beberapa hari berikutnya, jadi jangan buru-buru pesimis saat baru pertama kali posting prodak baru di media sosial